Kunjungan Dosen TF ITB ke INALUM

Di hari Selasa yang cerah tanggal 9 Oktober 2018 di Kantor Utama PT INALUM (Persero), tepatnya di Pabrik Peleburan Aluminium, Kuala Tanjung, Kab. Batu Bara, Sumatera Utara terjadi pertemuan luar biasa yang bersemangatkan kolaborasi industri dan perguruan tinggi, apalagi yang memotori pertemuan ini adalah Alumni Teknik Fisika ITB.

Alumni TF ITB yang menginisiasi komunikasi adalah Pak Dante Sinaga (TF 81), yakni Senior Executive Vice President (SEVP) Business Development PT INALUM. Pertemuan Inalum kali ini dengan Kelompok Keahlian Instrumentasi & Kontrol (KK IK) ITB yang anggotanya tentu staf pengajar dari Teknik Fisika ITB yang hadir dalam kesempatan kali itu adalah Bpk Parsaulian Siregar, Bpk Yul Yunazwin, Bpk Endra Joelianto.

Foto 1 InalumPemaparan dari KK IK ITB. Kiri-kanan: Bpk Parsaulian Siregar, Bpk Yul Yunazwin, Bpk. Endra Joelianto.

Dalam pertemuan tersebut hadir pula pejabat dari INALUM yang hadir adalah Carry Mumbunan, Direktur Umum & Human Capital, Anton Herdianto, SEVP Finance dan alumni ITB yang ada di INALUM, yaitu Ivan Eko Yudho Ginting (TF98) selaku Manager Process Engineering.

Acara pada siang hari jam 14.00-17.00 adalah ramah tamah dan makan siang, sambutan oleh management INALUM, presentasi profil dan program pengembangan INALUM mulai dari aluminium smelter dan holding BUMN industri pertambangan yg membawahi Antam, Bukit Asam, Timah, dan Freeport.

Dalam kesempatan kali ini dari pihak INALUm mengundang KK ITB untuk melakukan sharing aplikasi instrumentasi dan kontrol di proses INALUM. INALUM diundang untuk sharing aplikasi keilmuan TF di industri aluminium.

Foto-4-Inalum.jpgJajaran Pejabat PT Inalum, yakni Ivan Eko Yudho (ke-5 dari kiri) dan KK ITB, yakni (ke-empat dari kanan) Bpk Yul Yunazwin, Bpk. Parsaulian Siregar dan Bpk Endra Joelianto.

Penjelasan dan diskusi kapabilitas KK IK ITB dibawakan oleh perwakilan staf pengajar dari Teknik Fisika ITB. Pemaparan tersebut mencakup pelatihan, pengalaman optimalisasi instrumentasi & kontrol di berbagai industri seperti oil & gas, semen, pupuk, kereta api.

Dalam kesempata kali ini, KK IK ITB diajak melakukan kunjungan melihat fasilitas produksi pabrik reduksi aluminium dan pelabuhan. Tentunya tak lupa membahas peluang-peluang kerjasama antara INALUM dan KK ITB seperti pendidikan lanjutan, pelatihan, bantuan teknis instrumentasi dan kontrol. Diharapkan kelak akan ada MOU antara INALUM dan ITB untuk meresmikan kerjasama INALUM dengan ITB.

Foto-3-Inalum.jpg

Foto 2 Inalum

Foto-foto kunjungan KK IK ITB ke lapangan area INALUM didampingi pejabat INALUM.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s