Orasi Ilmiah Guru Besar Fakultas Teknologi Industri ITB Prof. Brian Yuliarto

Bandung, Sabtu, 16 Maret 2019, bertempat di Aula Barat ITB, Jln. Ganesa No. 10, mulai pukul 09:00 – 11:00 WIB, Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan acara Orasi Ilmiah Guru Besar ITB.

Pada kesempatan ini, Profesor Brian Yuliarto (alumni Teknik Fisika ITB angkatan 1994) dari Program Studi Teknik Fisika FTI ITB, diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi Ilmiahnya dengan judul: “Material Nano untuk Aplikasi Sensor Lingkungan, Kesehatan dan Energi”.

Orasi ilmiah ini merupakan pertanggungjawaban akademik dan komitmen atas jabatan sebagai Guru Besar. (buku materi Orasi Ilmiah bisa dilihat di sini).

Dikutip dari Buku Orasi Ilmiah Profesor Brian Yuliarto yang disampaikan dalam pendahuluannya, Rekayasa material untuk berbagai aplikasi memegang peranan yang penting untuk kemajuan yang sangat pesat pada kurun waktu 20 tahun terakhir ini. Berbagai aplikasi mulai dari peralatan elektronika, optik, sensor, penyimpan energi, konstruksi sipil, mekanika, bahkan termal terus berkembang akibat rekayasa yang dilakukan pada material fungsional untuk berbagai aplikasi tersebut. Perkembangan yang lebih signifikan dan lebih luas selanjutnya terjadi seiring dengan munculnya rekayasa material pada nano yang kemudian dikenal secara luas sebagai teknologi nano (Taniguchi, 1996; Cao, 2004; Vilarinho, 2005). Teknologi nano pada dasarnya merupakan teknologi yang mampu memodifikasi suatu material pada pada orde nano dimana pada orde nano ini sifat-sifat dasar bahan/substansi dapat difungsikan untuk aplikasi yang diinginkan (Drexler, 1986; Buentello, 2005).

Kegiatan orasi ilmiah yang diselenggarakan oleh Forum Guru Besar ITB dihadiri: Dekan FTI, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Koordinator Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FTI, anggota Forum Guru Besar ITB, staf pengajar FTI khususnya dari Program Studi Teknik Fisika, mahasiswa, para undangan lainnya – termasuk dari Ikatan Alumni Teknik Fisika ITB diwakili oleh Saifurrijal (TF99) – serta keluarga Prof. Brian Yuliarto.

Acara ditutup dengan kegiatan penyampaian ucapan selamat, foto bersama dan ramah tamah.

Sumber berita: https://www.fti.itb.ac.id/id/2019/03/16/indonesia-orasi-ilmiah-guru-besar-fakultas-teknologi-industri-itb-prof-brian-yuliarto/

Saifurrijal (TF99/Sekjen IATF) berfoto bersama Profesor Brian Yuliarto (TF94)

Saifurrijal (TF99/Sekjen IATF) berfoto bersama Profesor Dedy Kurnaidi (TF82) dan Profesor Brian Yuliarto (TF94)

Suasana Orasi Ilmiah Guru Besar ITB di Aula Barat ITB.

Foto bersama Profesor Brian Yuliarto (TF94) dengan undangan dan staf pengajar Teknik Fisika ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s