Proses Seleksi Beasiswa IATF TF1000 Tahun 2019

Foto 1. Ki-ka: Bpk Sutanto Hadisupadmo (TF72/Dosen TF ITB), Embun Marintan (TF09/Bendahara IATF), Nugroho Wibisono (TF98/Ketua IATF) berfoto di TF Lounge, Labtek VI, ITB Bandung

Foto 2. Embun sedang mewawancara salah satu pelamar Beasiswa IATF TF1000

Foto 3. Timeline Proses Seleksi Beasiswa IATF TF1000 tahun 2019.

Sahabat Alumni TF ITB yang baik hatinya. Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya bahwa Beasiswa IATF-TF1000 membuka kesempatan bagi mahasiswa TF ITB yang kekurangan secara ekonomi untuk mendapat bantuan dana hibah dari alumni TF ITB.

Mulai tahun 2018, pengurus IATF memberlakukan proses seleksi Beasiswa IATF-TF1000 mulai dari pendaftaran, pengecekan administrasi sampai sesi wawancara bagi pelamar beasiswa IATF-TF1000. Tahun 2019 ini prosesnya juga sama namun dengan persiapan yang lebih baik dan antusiasme mahasiswa TF yang lebih tinggi. Total ada 19 orang pelamar dari mahasiswa S1 Teknik Fisika ITB dari tingkat 2,3 sampai tingkat 4. Thanks to Embun!

Mengapa ada proses seleksi? Ini adalah upaya pengurus IATF untuk meyakinkan bahwa penerima Beasiswa IATF TF1000 ini memang benar layak menerima bantuan karena target penerima Beasiswa IATF TF1000 saat ini adalah mahasiswa TF ITB yang secara ekonomi kekurangan.

Selain itu, berdasarkan hasil seleksi termasuk wawancara, mulai tahun ini IATF akan memberlakukan variasi besaran dana beasiswa IATF TF1000 berdasarkan profil ekonomi dan kondisi keluarga dari mahasiswa TF karena setiap mahasiswa TF itu unik kondisi ekonomi dan keluarganya. Hal ini bertujuan supaya besaran dana Beasiswa IATF TF1000 ini mencukupi untuk kebutuhan layak tinggal di Bandung namun juga tidak terlampau besar untuk menghindari gaya hidup konsumtif mahasiswa TF.

Hari kemarin dan hari ini (Sabtu, 10 Agustus 2019) adalah hari wawancara antara IATF, alumni TF dan dosen TF dengan mahasiswa TF calon penerima beasiswa IATF TF1000. Jangan dibayangkan wawancaranya angker dan seram lho! Malah banyak ketawa-ketiwinya, baik pewawancara maupun yang diwawancara. Ini adalah upaya membuat mahasiswa TF lebih rileks, terbuka dan suasana kekeluargaan dengan IATF. Kelak mereka yang diwawancara akan jadi alumni TF dan bisa jadi akan duduk di kursi pewawancara.

Minggu depan adalah minggu pengumuman penerima Beasiswa IATF TF1000. Mudah-mudahan dana hibah dari Alumni TF ITB dapat tersalurkan dan termanfaatkan dengan baik.

Vivat FT! Vivat TF! Vivat ITB!

#iatfitb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s