Buku “Peningkatan Kualitas Akustik Masjid”

Ikatan Alumni Teknik Fisika ITB (IATF) dengan bangga mempersembahkan buku (full color) karya alumni Teknik Fisika ITB, yakni Bpk Joko Sarwono, Ph.D., mengenai tata akustik di masjid yang berjudul “Peningkatan Kualitas Akustik Masjid”.

IATF membuka pembelian buku ini bagi masyarakat luas. Buku ini dipatok pada harga minimum Rp. 170.000,- dan sangat dianjurkan untuk dilebihkan karena kelebihannya akan dimanfaatkan untuk Beasiswa TF1000. Beasiswa TF1000 adalah beasiswa bagi mahasiswa Teknik Fisika ITB yang kurang mampu secara ekonomi.

Penjualan buku ini juga upaya untuk menghargai karya-karya anak bangsa yang menjawab permasalahan di masyarakat Indonesia.

Untuk pembelian buku tersebut, silahkan isi dengan lengkap formulir pada tautan berikut ini. Terima kasih.

https://bit.ly/IATF-akustikmasjid

Apa isi dari buku ini? Berikut ini resensi dari Bapak Prof.Ir. Hermawan Kresno Dipojono MSEE,Ph.D. dimana beliau adalah staf pengajar di Teknik Fisika ITB, peneliti di bidang Kelompok Keahlian Material ITB dan Ketua Umum Asosiasi Masjid Kampus Indonesia.

Buku “Peningkatan Kualitas Akustik Masjid” ini merupakan buku yang sangat lengkap, lebih dari cukup, untuk dijadikan bacaan wajib bagi para takmir masjid yang menginginkan untuk meningkatkan kualitas akustik masjidnya. Ia dapat menjadi bekal pengetahuan hingga sangat rinci, mulai dari pemahaman konseptual, identifikasi masalah, sistem tata suara, sampai rekomendasi solusi.

Hadirnya berbagai gambar, grafik dan skema yang menyertai penjelasan deskriptif naratif menyebabkan buku ini enak dibaca dan mudah dipahami walaupun sebenarnya sedang membahas sesuatu yang berat dan kompleks. Sejak dari awal hingga akhir pembahasannya mengalir secara alami menyiratkan bahwa penulisnya benar- benar menguasai persoalan akustik masjid yang berdasarkan bukan saja pada penguasaan aspek-aspek sains-rekayasa-teknologi namun juga aspek-aspek teknis-lapangan-masjid.

Format buku yang nyaris ensiklopedik (memuat semua masalah akustik masjid), namun tidak mencapai 150 halaman, dan dalam bentuk buku kecil saja sudah menyiratkan bahwa para penulisnya benar-benar adalah master atau empu dalam bidang ini. Buku ini dapat menjembatani antara keinginan para takmir untuk memberi layanan akustik prima kepada para jamaah dengan keterbatasan pengetahuan mengenai sunnatullah yang mengatur akustik masjid.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s