FAQ – Vaksinasi IATF 2021


Frequently Asked Questions Vaksinasi IATF 2021

1.     Tanggal dan jam berapa vaksinasi diadakan?
Vaksinasi dosis pertama yang diselenggarakan IATF ITB akan diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 14 dan 15 Agustus 2021 dimulai dari jam 08.00 sampai jam 16.00.

2.     Di mana lokasi vaksinasi?
Vaksinasi dilakukan di Resto Bebek Dower Cilandak dengan alamat Jl. Margasatwa No.57, RW.6, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550. Anda bisa klik pada tautan berikut untuk mengetahui lokasi pada Google Map https://bit.ly/bekdow-ragunan.
 
3.     Bagaimana cara menuju lokasi vaksinasi?
Anda bisa menggunakan kendaraan Pribadi (mobil atau motor), bisa juga menggunakan kendaraan umum Angkot Biru KAB D 61 jurusan Pasar Minggu – Desa Limo Cinere dan berhenti persis di depan lokasi vaksinasi.

4.     Apakah saya bisa membawa mobil? Apakah terdapat cukup tempat untuk parkir?
Anda bisa memarkir kendaraan di Kebun Binatang Ragunan, masuk melalui pintu barat. Jarak dari Pintu Barat Ragunan ke tempat vaksinasi hanya sekitar 100 meter.

5.     Siapa saja yang boleh ikut vaksinasi ini?
– Masyarakat umum di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya      
– Alumni Teknik Fisika ITB atau alumni ITB dan keluarga
– Kerabat, tetangga, asisten rumah tangga, kawan dari Alumni Teknik Fisika ITB / alumni ITB     

6.     Apa syarat agar dapat divaksinasi?
– Warga Negara Indonesia (WNI) usia 18-59 tahun
– Dalam kondisi sehat
– Jika pernah terpapar Covid-19 sebelumnya, harap dipastikan sudah melewati 3 bulan setelah tanggal hasil test PCR negative terakhir.

7.     Apa jenis vaksin yang nanti saya dapatkan?
Vaksin yang akan diberikan adalah AstraZeneca.

8.     Apakah vaksin ini aman dan halal?
Merujuk kepada keterangan Kementrian Kesehatan RI, vaksin halal dan aman. Informasi selengkapnya dapat dibaca di tautan: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/berita-utama/20210319/1437275/fatwa-mui-bolehkan-vaksinasi-astrazeneka-jubir-covid-19-dr-nadia-tekankan-masyarakat-jangan-ragu-vaksinasi/.

9.     Berapa biaya vaksinasi?
Vaksinasi ini tanpa biaya, artinya diberikan cuma-cuma oleh Negara Republik Indonesia untuk seluruh rakyat Indonesia yang memenuhi syarat pada no.6.
 
10.  Bagaimana prosedur pendaftaran agar saya bisa divaksinasi?
Anda cukup mendaftar secara online melalui link berikut. Klik pada hari yang anda inginkan:
Sabtu, 14 Agustus 2021: https://bit.ly/vaksinasi-iatf-14aug21
Minggu, 15 Agustus 2021: https://bit.ly/vaksinasi-iatf-15aug21

11.  Apakah saya bisa datang langsung ke tempat vaksinasi tanpa mendaftar online?
Untuk jaminan ketersediaan vaksin bagi anda dan untuk kenyamanan anda, kami sarankan agar anda mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu sebelum tanggal 14 Agustus 2021.

12.  Apa yang harus dibawa ketika vaksinasi?
– Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).
– Bukti pendaftaran secara online (dapat berupa print out atau screenshot).
 
13.  Apa yang harus disiapkan sebelum datang ke tempat vaksinasi?
Anda disarankan untuk istirahat yang cukup malam sebelumnya, sarapan terlebih dahulu, dan minum air putih dalam jumlah yang cukup. Untuk perlengkapan, selain masker anda juga diwajibkan membawa hand sanitizer.

14.  Alat pelindung diri apa saja yang harus saya gunakan saat vaksinasi?
Anda wajib memakai masker ganda (masker medis di dalam masker kain). Jika anda memiliki face shield maka kami sarankan untuk menggunakannya. Mulai kedatangan hingga kepulangan dari tempat vaksinasi, anda wajib mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan.

15.  Bagaimana alur vaksinasi?
– Setibanya di tempat vaksinasi, suhu tubuh anda akan dicek di Area Penerimaan. Anda juga akan diminta konfirmasi perihal bukti pendaftaran online. Setelah itu, anda akan mendapatkan nomor antrian dan dipersilahkan menuju Area Registrasi Ulang.
– Di Area Registrasi Ulang anda akan diberikan Form Skrining untuk diisi, sambil menunggu giliran untuk dipersilahkan menuju ke Area Skrining Kesehatan .
– Pada area skrining kesehatan, akan dilakukan skrining kesehatan oleh dokter.
– Jika anda telah memenuhi syarat untuk divaksinasi, maka anda akan dipersilahkan menuju Area Entri NIK.
– Setelah selesai, anda akan diarahkan ke Area Vaksinasi dan akan divaksin berdasar nomor antrian.
– Selesai divaksin, anda dapat menuju Area Observasi untuk memantau efek vaksin terhadap tubuh anda. Anda diwajibkan menunggu selama 15 menit pada area ini.
– Jika anda menunjukkan gejala baik, maka setelah 15 menit anda dapat mengembalikan nomor antrian dan dipersilahkan kembali ke kediaman masing-masing. Pada tahap ini petugas juga akan memberikan kartu vaksinasi.

16.  Berapa lama perkiraan waktu mulai dari awal masuk hingga selesai?
Seluruh proses yang ada pada nomor 14 di atas diharapkan akan selesai dalam waktu sekitar 1 – 1,5 jam.

17.  Apakah saya nanti akan menerima sertifikat vaksin?
Anda akan menerima kartu vaksin sesuai dengan rujukan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

18.  Apakah status vaksinasi saya terhubung dengan status pada Peduli Lindungi?
Status vaksin anda terhubung melalui NIK. Untuk status pada Peduli Lindungi, anda perlu mendaftarkan diri ke Peduli Lindungi dan bisa mengunduh sertifikat vaksin setelah beberapa saat terhitung sejak tanggal vaksinasi.
 
19.  Apakah tempat vaksinasi diadakan di tempat terbuka atau ruangan tertutup?
Tempat vaksinasi Resto Bebek Dower Cilandak merupakan tempat terbuka dengan sirkulasi udara sangat baik.

20.  Apakah di tempat vaksinasi ada tempat shalat?
Resto Bebek Dower Cilandak memiliki mushala khusus beserta tempat wudhu, namun disarankan untuk membawa perlengkapan ibadah sendiri.
 
21.  Apakah di tempat vaksinasi (Resto Bebek Dower) memungkinkan saya untuk makan di tempat (dine-in)?
Selama penyelenggaraan vaksinasi, Resto Bebek Dower ditutup untuk makan di tempat, namun anda tetap dapat memesan makanan dan minuman untuk dibawa pulang (take away).
 
22.  Apakah akan ada vaksinasi dosis ke-2 yang diselenggarakan Sentra Vaksinasi IATF ITB?
Bagi yang mengikuti vaksinasi dosis pertama di sentra vaksinasi IATF di resto Bebek Dower tanggal 14-15 Agustus 2021, maka pelaksanaan vaksinasi berikutnya adalah di awal November 2021 di lokasi yang sama. Tanggal pastinya akan diberikan oleh petugas di Sentra Vaksinasi IATF.

23.  Saya sudah pernah mengikuti vaksinasi pertama di tempat lain, apakah saya bisa mengikuti vaksinasi di sentra vaksinasi IATF ITB ini untuk vaksinasi ke dua?
Vaksinasi kedua yang dilayani di Sentra Vaksinasi IATF adalah vaksinasi bagi peserta yang sebelumnya pernah divaksinasi menggunakan vaksin AstraZeneca. Selain itu jeda waktu antara vaksinasi pertama dan vaksinasi kedua adalah minimal 12 minggu. Jika anda memenuhi syarat tersebut, silahkan daftarkan diri anda di link yang tersedia di no.10.
 
24.  Adakah nomor kontak yang bisa saya hubungi?
Jika ada pertanyaan lebih lanjut yang tidak ada di FAQ ini, anda dapat menghubungi Narahubung IATF melalui Whatsapp di nomor +62 812-1814-1937 atau klik https://wa.me/6281218141937