The New “Beasiswa IATF-TF1000”

Dear Alumni TF ITB,

Tak terasa sudah beberapa tahun program TF1000 yang banyak disokong Alumni TF ITB telah berjalan dengan baik semenjak kepengurusan Ikatan Alumni Teknik Fisika ITB (IATF) dibawah komando almarhumah mbak Esthi Bhirawati (TF83). Kami ucapkan terima kasih banyak atas dukungan dan bantuan alumni TF ITB dan para staf pengajar di TF ITB sehingga program TF1000 ini bisa berjalan dengan baik selama beberapa tahun belakangan ini.

Namun tidak sedikit generasi muda Alumni TF ITB bertanya-tanya dan mungkin juga generasi Alumni TF ITB yang sudah senior : apa itu TF1000? apa gunanya TF1000? kok bisa alumni TF ikut membantu TF1000? Bagaimana kelanjutan dan pengelolaan TF1000 sekarang?

Izinkan kami bercerita agak panjang tentang asal muasal TF1000 dan perkembangan TF1000 setelah itu.

Angka seribu (1000) merupakan perlambang atau kebiasaan dalam budaya bangsa Indonesia untuk menyebut sesuatu yang jumlahnya sangat banyak dan jumlahnya biasanya tidak benar-benar tepat sejumlah seribu. Misalnya: serangga kaki seribu, kepulauan seribu, ambil langkah seribu.

Mengutip dari kebiasaan penyebutan angka seribu tersebut, muncul istilah “TF1000” sekitar tahun 2005 yang digagas oleh Bpk Kusmayanto Kadiman (Alumni Teknik Fisika ITB angkatan 73, mantan Rektor ITB periode 2001-2004, mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi RI periode 2004-2009). Istilah ini digagas untuk merespon tantangan yang dihadapi mahasiswa/i TF ITB dalam menyelesaikan studinya namun mengalami masalah biaya karena kekurangan secara ekonomi. Hal ini bertentangan dengan prinsip Bpk Kusmayanto dan Alumni TF ITB lainnya dalam menuntut ilmu: alasan biaya TIDAK BOLEH menjadi alasan tidak terselesaikannya kuliah di TF ITB!

Berangkat dari kondisi tersebut, maka dasar dari gagasan TF1000 adalah seharusnya sangat mudah bagi seorang alumni TF ITB untuk menyisihkan 1000 rupiah setiap hari bagi mahasiswa/i TF ITB yang kurang mampu secara ekonomi sehingga mereka bisa berkuliah dengan tenang tanpa harus memikirkan sumber pembiayaan selama berkuliah. Bayangkan jika ada seribu orang alumni TF ITB bergotong-royong, satu tahun dapat terkumpul uang sebanyak Rp. 360 juta! Itu baru seribu rupiah setiap hari, bagaimana jika satu orang alumni TF ITB berkontribusi lebih dari seribu rupiah setiap hari? Pasti lebih dahsyat lagi!

Maka lahirlah sebuah program beasiswa bagi mahasiswa/i TF ITB yang dinamakan TF1000 dan kemudian digalang oleh IATF. Secara gotong royong para alumni TF ITB berbondong-bondong menyalurkan dana ke tiga rekening bank (BNI, Mandiri dan BCA) yang dikelola oleh IATF dan Prodi TF TF ITB. Dana yang terkumpul kemudian dihibahkan kepada mahasiswa/i TF ITB yang lemah secara ekonomi semenjak 2008 hingga sekarang. Seleksi penerima beasiswa TF1000 dan penyalurannya sebelum tahun 2018 secara penuh dilakukan oleh staf pengajar Prodi TF ITB.

Mulai tahun 2018, atas hasil musyawarah & mufakat pengurus IATF ITB yang baru dengan Prodi TF ITB, program beasiswa TF1000 diberi nama sebagai Beasiswa IATF-TF1000 sebagai upaya pembaharuan branding darma bakti dari Alumni TF ITB kepada Teknik Fisika ITB sekaligus pembaharuan terhadap program TF1000. Hal tersebut mencakup: 1) jenis bantuan yang disokong, 2) proses seleksi penerima beasiswa, dan 3) pelaporan penggunaan dana ke stakeholder IATF ITB tetap transparan dan akuntabel.

Berdasarkan hasil musyawarah IATF dan Prodi TF ITB, permintaan bantuan yang sering disampaikan oleh Mahasiswa TF ITB adalah dana untuk biaya hidup sehari-hari. Bantuan dana biaya hidup dibutuhkan oleh mahasiswa yang datang dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. Sedangkan biaya tugas akhir juga sering dimintakan bantuan karena kebutuhan membeli material atau peralatan yang kadang tidak dipunyai oleh Prodi TF ITB. Hal ini dinilai masih sesuai dengan semangat TF1000 yang membantu kelancaran studi mahasiswa TF ITB.

Berangkat dari informasi diatas, jenis bantuan yang disokong dalam program Beasiswa IATF-TF1000 adalah sbb:

  • Beasiswa Biaya Hidup. Mahasiswa/i Prodi TF ITB yang keluarganya lemah secara ekonomi akan dibantu dalam pembiayaan hidup sehari-hari seperti uang pondokan/kos, uang makan, transportasi, dll. Beasiswa IATF-TF1000 membantu menyokong biaya hidup sebesar (maksimum) Rp. 1 juta/bulan bagi mahasiswa/i Teknik Fisika ITB.
  • Beasiswa Bantuan Tugas Akhir. Berdasarkan pengalaman Prodi TF ITB, mahasiswa yang perlu dibantu adalah mahasiswa yang melakukan penelitian akademik di TF ITB dan dalam melakukan penelitiannya memerlukan pendanaan yang cukup besar. Bantuan pembiayaan tugas akhir mahasiswa/i Teknik Fisika ITB dengan alokasi dana sampai sebesar (maksimum) 5 juta per tahun

Selain jenis bantuan yang disokong Beasiswa IATF-TF1000 yang lebih diperjelas peruntukannya, perbaikan dilakukan pada proses seleksi penerima Beasiswa IATF-TF1000. Proses seleksi penerima diupayakan terencana, mudah diakses (online), dan terdokumentasi dengan baik seperti halnya proses seleksi program beasiswa yang sudah mapan di lingkungan ITB (misal Beasiswa Djarum). Proses seleksi yang lebih baik memudahkan mahasiswa/i TF ITB untuk berpartisipasi. Sedangkan dari sisi pengelola beasiswa, yakni Prodi TF ITB dan IATF ITB, memudahkan prediksi alokasi dana Beasiswa IATF-TF1000 dan proses seleksi karena mempunyai proses yang sudah baku.

Dalam aspek pelaporan, IATF berkomitmen untuk melaporkan secara rutin dan transparan setiap penggunaan dana dari Beasiswa IATF-TF1000. Laporan dapat diakses secara online dan dilihat secara detil penggunaannya. Saat ini rekap dana masih diupayakan untuk diupdate.

Bagaimana peran dari sisi alumni TF ITB atau anggota IATF ITB sendiri? Alumni TF ITB dapat berkontribusi dalam Beasiswa IATF-TF1000 dengan mentransfer sejumlah dana ke salah satu dari rekening – yakni BNI, Mandiri dan BCA – yang digunakan IATF untuk menampung dana Beasiswa IATF-TF1000. Rekening tersebut dimonitor, dilaporkan secara online dan dikelola langsung oleh pengurus IATF.

Note: saat ini IATF menggunakan rekening atas nama Bendahara IATF, yakni Embun Marintan. IATF sedang dalam proses membuat akun rekening non-pribadi/badan sehingga akun rekening dapat dipindahtangankan ketika kepengurusan di IATF telah selesai.

REKENING Beasiswa IATF-TF1000 – a/n EMBUN MARINTAN

BCA 8705 2970 76
Mandiri 1250 0098 44127
BNI 0721 704 746

Alumni TF ITB akan mendapatkan informasi atau berita penggunaan dana Beasiswa IATF-TF1000 secara teratur melalui IATF News Letter, website TF ITB, mailing list, Whatsapp Grup Alumni TF ITB Lintas Angkatan dan seluruh akun media sosial IATF (Facebook dan Instagram).

Diharapkan dengan adanya pemberitaan kemanfaatan Beasiswa IATF-TF1000 secara masif melalui seluruh media yang ada kepada alumni TF ITB, alumni TF ITB akan tergerak untuk berpartisipasi lebih banyak lagi.

Ilustrasi penyaluran dana, proses seleksi dan pelaporan Beasiswa IATF-TF1000 kepada stakeholder diilustrasikan pada gambar berikut

Mekanisma Beasiswa IATF-TF1000

IATF ITB secara teratur akan mengevaluasi penerimaan donasi Beasiswa IATF-TF1000 dan akan memberikan penghargaan kepada para donatur yang dianggap berkontribusi signifikan.

Saat ini (23/7) proses seleksi penerima beasiswa IATF-TF1000 – baik Beasiswa Biaya Hidup maupun Beasiswa Bantuan Tugas Akhir – sedang berjalan dengan mengikuti jadwal sebagai berikut:

  • PENDAFTARAN ONLINE: 9 – 20 Juli 2018
  • PENGUMPULAN BERKAS: 21 JULI 2018 (BATAS AKHIR)
  • SELEKSI BERKAS ADMINISTRASI: 23 – 26 JULI 2018
  • PENGUMUMAN SELEKSI ADMINISTRASI: 27 JULI 2018
  • WAWANCARA: 28-29 JULI 2018
  • PENGUMUMAN BEASISWA IATF-TF1000 2018/2019: 1 AGUSTUS 2018
  • MASA AKTIF BEASISWA: 1 AGUSTUS 2018 – 31 JULI 2019

Jadwal seleksi penerimaan Beasiswa IATF-TF1000 tahun depan dan tahun-tahun berikutnya akan mengikuti pola seperti tahun 2018 ini.

Sebagai upaya mendekatkan secara emosional antara penerima Beasiswa IATF-TF1000 dengan Alumni TF ITB, penerima Beasiswa IATF-TF1000 akan hadir dalam seremonial penyerahan Beasiswa IATF-TF1000 bersama Alumni TF ITB dalam acara Halal Bihalal IATF ITB atau acara lain yang banyak melibatkan Alumni TF ITB. Pada tahun 2018 ini acara Halal Bihalal IATF ITB akan dihelat tanggal 11 Agustus 2018 jam 09.00 – 13.00 di Gedung BMKG, Jakarta.

Sebagai penutup sekali lagi segenap pengurus IATF ITB mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Alumni Teknik Fisika ITB yang telah berkontribusi kepada kemajuan Teknik Fisika ITB melalui program Beasiswa IATF-TF1000.

Vivat FT! Vivat TF! Vivat ITB!

salam,

Pengurus Ikatan Alumni Teknik Fisika ITB (2017-2022)

Ketua Program Beasiswa IATF-TF1000: Embun Marintan (TF09)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s