Diskusi Tunggakan UKT ITB antara FTI ITB dan IATF ITB

Diskusi dan dialog isu terhangat tentang “Tunggakan UKT di ITB” antara pihak Dekanat Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB, perwakilan Program Studi FTI – yakni Ketua Program Studi (Prodi) Teknik Fisika, Teknik Kimia dan Teknik Industri, dengan para pengurus ikatan alumni yang berada di lingkungan FTI ITB, yakni IATF, IATK dan IATI. Pengurus IATF diwakili oleh ketua IATF, yakni Bpk Nugroho Wibisono (TF98). Diskusi ini diselenggarakan secara online melalui Zoom Meeting hari Kamis, 1 Februari 2024.

Pak Brian Yuliarto (Dekan FTI) dan Pak Yogi Wibisono (Wakil Dekan bidang Akademik) dari FTI ITB menjelaskan secara garis besar mengenai data tunggakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dari berbagai macam program studi di lingkungan FTI. Para Kaprodi dari Teknik Fisika, Teknik Kimia dan Teknik Industri bergantian menjelaskan secara rinci mengenai isu-isu keuangan yang dihadapi mahasiswa dari masing-masing Prodi. Prodi TF diwakili oleh Kaprodi S1 TF yakni Bpk Iwan Prasetiyo (TF98) Iwan Prasetiyo.

Para ketua Ikatan Alumni Prodi FTI (IATF, IATK dan IATI) mengakui bahwa “berkah” dari viralnya isu UKT di ITB ini membuat publik sadar bahwa ada persoalan mengenai akses finansial bagi mahasiswa ITB, khususnya yang profil ekonominya “tanggung” atau latar belakang khusus lainnya (misal: pemberi nafkah utama tiba-tiba meninggal dunia atau di PHK ketika mahasiswa berstudi). Ikatan Alumni Prodi FTI bersepakat bahwa isu tunggakan UKT di ITB ini perlu diatasi dan dengan pendekatan berbasis kasus.

Pengurus IATF – begitu juga IATK dan IATI – menghimbau dan menyarankan supaya mahasiswa di lingkungan FTI ITB tidak mengambil pinjaman berbunga, pinjaman online (pinjol) atau sejenisnya untuk membayar UKT dan biaya lainnya demi menghindari hal-hal buruk yang berkepanjangan yang dapat menimpa mahasiswa FTI ITB.

Oleh sebab itu Ikatan Alumni Prodi FTI berencana membuat pinjaman lunak “student loan” tanpa bunga kepada mahasiswa FTI ITB yang memenuhi persyaratan. Skema dan persyaratan teknis lainnya akan dibicarakan secara internal masing-masing Ikatan Alumni Prodi FTI.

Vivat FT! Vivat TF! Vivat ITB!
#alumnitfitb #iatfitb 

Leave a comment